Wawasan

Perkembangan Kota Surabaya

Pemkot Surabaya berencana mengerjakan pembangunan jalur lingkar barat Surabaya yang ditargetkan mulai tahun ini. Proyek terbagi dalam dua jenis, yakni jalan lingkar dalam Surabaya Barat atau west inner ring road (WIRR) dan jalan lingkar luar Surabaya Barat atau west outer ring road (WORR). Sebenarnya untuk WIRR secara bertahap sudah mulai dilaksanakan, yang rencananya melalui jalur Wiyung-Pakuwon Trade Centre (PTC)-Darmo Indah-Margomulyo. Sedang WORR akan melintasi kawasan Lakarsantri-Citraland-Benowo-Pakal-Romokalisari. Secara keseluruhan jalur lingkar barat ini mencakup kecamatan Pakal, Benowo, Sambikerep dan Lakarsantri sepanjang 18 kilometer.

Bila akses jalan tidak segera diselesaikan bisa saja menjadi bahan pertimbangan konsumen saat membeli properti. Hal ini mengingat peningkatan penduduk dan populasi kendaraan jauh lebih pesat dibanding pembangunan jalan di kawasan itu. Pembangunan jalur lingkar barat Surabaya akan membawa dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi di kawasan itu. Terlebih saat ini telah berdiri RS BDH dan SSC, sehingga pengembangan akses jalan itu mutlak diperlukan dan akan saling melengkapi.

Jika jalur itu selesai dibangun, sector ekonomi melesat dan tentu menjadi berkah bagi konsumen karena akan mendongkrak nilai properti di kawasan tersebut. Pemekaran kawasan Surabaya Barat diprediksi bakal terus menjadi incaran calon pembeli dan kalangan perbankan yang membiayai skim kredit Pemilikan Rumah (KPR). Kawasan ini dinilai potensial, mengingat pemekaran Surabaya Timur sudah terlalu padat.